Selasa, 18 Februari 2020

Tugas seorang sales


Tracking sales - Untung atau ruginya perusahaan salah satunya dipengaruhi oleh kinerja sales di perusahaan tersebut. Seorang sales memiliki peranan yang penting dalam pendistribusian suatu produk.
Secara umum, tugas seorang sales adalah untuk mengenalkan produk perusahaan dan bernegosiasi agar produk-produk tersebut bisa terjual dan diterima oleh pihak toko atau konsumen.

Tujuan Penjualan

Setelah kalian mengetahui pengertian dari sales atau penjualan, ada baiknya kalian mengetahui tentang tujuan dari penjualan.
Secara umum, tujuan dari penjualan adalah untuk mengubah minat konsumen terhadap produk menjadi komitmen atau minat untuk membeli produk tersebut dengan volume atau jumlah tertentu. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan bisa mencapai tujuan penjualannya yaitu mendapatkan keuntungan.

Ada Berberapa Faktor yang Mempengaruhi Penjualan

Faktor faktor yang mempengaruhi suatu penjualan, diantaranya adalah ;

  • kemampuan Sales
  • Kondisi Pasar
  • Kondisi Perusahaan
  • Barang yang dijual
  • Strategi Marketing, seperti pemasaran suatu produk , kampanye, bonus, maupun diskon untuk pihak pembeli.

Ada Beberapa Macam Penjualan

Berikut ini beberapa macam penjualan yang perlu kalian ketahui jika kalian ingin menekuni bidang sales ini, antara lain adalah:

1. Missionary Selling
meningkatkan penjualan dengan mendorong para pembeli untuk membeli produk atau jasa dari perusahaan, dalam hal ini perusahaan tersebut mempunyai sales dalam pendistribusian produk atau jasanya.

2. Trade Selling
suatu jenis penjualan yang dilakukan oleh seorang sales kepada toko grosir, dengan tujuan untuk dijual kembali secara eceran.

3. Technical Selling
meningkatkan penjualan dengan memberi saran dan nasehat kepada calon konsumen dari barang dan jasanya dengan menunjukkan kualitas serta keunggulan dari produk dan jasa yang ditawarkannya.

4. Responsive Selling
Setiap sales dapat memberikan reaksi terhadap permintaan dari konsumen melalui route driving and retailing. Jenis penjualan ini tidak akan menciptakan keuntungan yang besar, namun terjalinnya hubungan baik dengan pelanggan akan menjurus pada kesetiaan pelanggan untuk kembali membeli atau menggunakan produk atau jasa ini laginya nanti.

5. New Business Selling
Sales harus berusaha membuka transaksi baru dengan calon konsumen maupun konsumen. Biasanya teknik penjualan ini digunakan oleh perusahaan asuransi.

Tugas Sales
Tugas Sales

Macam-macam Tugas Seorang Sales

Ada beberapa tugas sales yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah:

1. Mencari dan Mengumpulkan Informasi yang Berkaitan dengan Produk Kompetitor

Seorang sales harus mencari tahu dan bisa mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan produk yang dijual oleh kompetitor. Hal tersebut bisa berupa produknya, corak warna, keunggulan, target pasar penjualan produk, dan lain sebagainya.
Informasi tersebut, nantinya akan diteruskan ke bagian produksi untuk bisa ditindaklanjuti atau membuat strategi lain dalam memproduksi barang.

2. Mencari, Mengamati, dan Mengumpulkan Informasi Tentang Produk yang Diproduksi Kompetitor

Setiap perusahaan yang memproduksi produk terbaru, pastinya akan menerapkan strategi penjualan agar produk tersebut bisa diterima oleh banyak konsumen.
Sebagai seorang sales, tentunya kalian harus mencari informasi terkait produk-produk tersebut.
Hal ini berguna agar perusahaan tempat kalian berkerja tidak kalah saing oleh perusahaan kompetitor yang bisa menyebabkan turunnya omset penjualan pada perusahaan kalian.

3. Mencari dan Mengumpulkan Informasi Tentang Kualitas Produk yang akan Dijual

Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat pihak manajeman bisa mengambil dan memutuskan kebijakan dari produk di pasaran, seperti memperhatikan jatuh tempo pembayaran, potongan diskon yang diberlakukan, dan kebijakan pengembalian barang.

4. Melakukan Expansi/Perluasan atau Pengembangan Pasar

Seorang sales sangat dianjurkan untuk melakukan pengembangan pasar, memastikan semua produk yang dibuat oleh perusahaannya bisa tersebar luas di pasaran atau di seluruh wilayah.

Sekian artikel mengenai “Apa saja tugas seorang sales”, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat untuk menjadi seorang sales yang kekinian di era digital ini, Anda mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Aplikasi Tracking Sales.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...