Kamis, 20 Februari 2020

Langkah Sukses Menjadi Sales


Tracking Sales - Seorang sales adalah ujung tombak suatu perusahaan, sukses atau tidaknya penjualan produk suatu perusahaan itu semua tergantung dari kinerja sales di perusahaan tersebut. Mungkin saat ini sudah banyak sales yang menyerah dengan pekerjaanya karena tidak bisa mencapai targetnya. Di artikel ini saya akan membagikan beberapa langkah-langkah yang bisa diterapkan oleh kawan-kawan sales untuk mencari konsumen dan agar bisa mencapai target yang telah ditentukan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang kawan-kawan sales bisa coba.



Coba untuk menjadi pendengar yang baik
Mungkin ini terdengar seperti hal yang sepele, tapi menurut saya ini cukup berat. Karena banyak sekali sales yang gagal di bagian ini. Seorang sales harus bisa menggunakan pendekatan yang baik dan sopan ketika mau memperkenalkan atau menawarkan produk yang dijualnya.
Seorang sales profesional harus bisa menjadi pendengar yang baik. Setelah sales selesai mendemonstrasikan apa yang dijualnya, langkah berikutnya adalah mendengarkan respons dari konsumen. Apa pun pendapat mereka, wajib kita dengar dan kita terima. Bisa jadi mereka tidak tertarik dengan barang yang dijual, tapi mereka mempunyai ketertarikan lebih dengan barang yang lain. Hal ini bisa dimanfaatkan.

Pantang menyerah saat menghadapi penolakan oleh konsumen
Semua sales di tempat manapun, pasti pernah mengalami yang namanya penolakan produk yang dijualnya oleh kosumen. Saya sendiri sih tidak heran. Alasannya karena, selera setiap orang itu berbeda-beda. Bisa jadi konsumen A sangat suka dengan barang yang kita jual dan mau membeli lebih dari satu, tapi konsumen B tidak suka dan tidak tertarik dengan barang yang kita jual. 
Seorang sales, pasti setiap harinya akan menghadapi atau bertemu dengan banyak orang. Mulai dari selera mereka, kepribadian, dan potensi bisnis ini ke depannya. Hal terpenting yang harus diperhatikan, seorang sales wajib tahu alasan kenapa produk yang mereka tawarkan sampai ditolak oleh konsumen. Biar di kemudian bisa dipelajari dan bisa memperbaiki kesalahannya agar bisa mengurangi penolakan-penolakan yang berikutnya.

Bisa mengatur waktu dengan baik
Hampir disetiap bidang, agar sukses sangat wajib memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik. Menjadi seorang sales itu tidaklah mudah. Bisa jadi seorang sales adalah pekerjaan yang paling sibuk. Apalagi ketika perusahaan sedang mengeluarkan produk baru. Pasti posisi sales paling sering diburu-buru untuk segera memasarkan produk terbarunya.
Begitu juga sales yang tidak memiliki ikatan dengan perusahaan. Contohnya, sales barang rumah tangga. Manajemen waktu mereka bersifat pribadi karena tidak ada atasan atau bos yang mengatur. Keuntungan maupun kerugian mereka yang menanggungnya sendiri. Sedangkan penyuplai barang hanya tahu apakah barang dagangan mereka sudah habis atau belum.

Sigap dalam melihat peluang
Makin kesini, persaingan penjualan menjadi sangat sengit. Perusahaan yang berhasil menjual banyak produknya adalah mereka yang jeli dalam melihat peluang di pasar. Ketika Anda menemukan sebuah peluang, Anda harus langsung mulai melakukannya sebelum didahului oleh kompetitor Anda. Sampaikan semua ide-ide yang ada dipikiran Anda kepada anggota tim. Lalu buatlah strategi untuk menambang laba demi laba.
Analisis yang tajam terhadap perkembangan pasar juga sangat dibutuhkan sebagai bagian dari keahlian utama seorang sales. Agar bisa lebih maju, jagalah relasi dengan konsumen sebaik baiknya. Berusaha lah penuhi setiap kebutuhan mereka. Kalau ada produk terbaru, jangan sungkan untuk menawarkan ke pada mereka.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Banyak bicara saja tidaklah cukup. Malahan bisa berpotensi penolakan terhadap produk yang dijual. Konsumen hanya peduli dan suka dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Gaya pendekatan yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi dengan konsumen adalah dengan pendekatan persuasif.
Pendekatan dengan cara persuasif, justru bisa membuat konsumen membuka diri atas kebutuhan mereka. Kemampuan ini wajib Anda kembangkan dan dimiliki. Baik bagi Anda yang bekerja sebagai sales lapangan ataupun yang berada di balik layar. Setiap kata, kalimat ataupun ucapan harus dipikirkan dengan baik-baik. 
Sekian artikel mengenai “Penjualan Bagi Perusahaan”, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat untuk menjadi seorang sales yang kekinian di era digital ini, Anda mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Aplikasi Tracking Sales.

1 komentar:

  1. Cara yg dpt saya tiru. Kebetulan saya juga seorang sales. Ditempat saya kerja kami diajari menggunakan bantuan teknologi agar kerja kami jadi lebih cepat dan efisien. teknologi yg kami gunakan adalah WhatsApp Bisnis app itu sangat berguna untuk kami seorang sales dalam menawarkan kembali produk yg sudah pernah kami jual ke customer lama kami.

    BalasHapus

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...