Kamis, 20 Februari 2020

Perbedaan Sales dengan Marketing


Tracking Sales - Tidak jarang juga, jika divisi sales dan marketing sering mengalami miskonsepsi dan dianggap sama saja baik dari segi fungsi maupun tugas kerjanya. Tidak hanya dari sisi pencari kerja, bahkan terkadang perusahaan pun mencampuradukkan kedua fungsi dari divisi tersebut. Meskipun sales dan marketing merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target revenue, tapi sales dan marketing memiliki fokus yang berbeda beda. Bagi Anda yang baru lulus kuliah dan masih bingung mau menentukan fokus karier kemana diantara kedua bagian ini, Anda tepat sekali untuk membaca artikel ini karena saya akan membahas beberapa mengenai perbedaan antara sales dan marketing baik dari segi fungsi maupun deskripsi pekerjaan kedua divisi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menentukan minat serta kemampuan yang Anda miliki untuk mendalami bidang tersebut.

perbedaan sales dan marketing
perbedaan sales dan marketing

Perbedaan Sales dengan Marketing
Dimulai dari arti sales dan marketing itu sendiri. Sales adalah bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya adalah menawarkan produk, menjual, memastikan produk yang ada, aset, dan jasa terjual dengan harga yang sudah direncanakan perusahaan tapi juga dapat diterima oleh konsumen. Sementara itu, pengertian dari marketing adalah kegiatan yang merencanakan sebuah produk, menetapkan harga jualnya, serta mempromosikan suatu produk dan mendistribusikan produk tersebut dengan tujuan untuk memuaskan konsumen. Pengertian marketing ini yang membuat penjual dan pembeli bisa saling bertemu. Itu lah penjelasan singkat mengenai perbedaan antara sales dan marketing dari segi pengertian ini bisa jadi dasar untuk kita masuk ke poin pembahasan selanjutnya. Dari sini sudah mulai terlihat kan, perbedaan antara sales dan marketing?

Proses kerjanya yang tidak sama
Perbedaan sales dan marketing yang berikutnya adalah terlihat dari proses kerja keduanya. Tim sales akan menghadapi konsumen secara langsung alias one-on-oneSales bisa saja langsung datang ke lokasi calon konsumen, menghubungi lewat telepon, atau bisa juga bertemu di sebuah acara atau event tertentu. Di beberapa perusahaan, tim sales harus melakukan pendekatan dan perlakuan dengan cara yang berbeda pada tiap-tiap konsumen karena kerjaanya yang berhadapan langsung dengan calon konsumen.
Agar tim sales bisa melakukan penjualan, ada tim marketing yang melakukan analisis pada pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Perbedaan antara sales dan marketing, tim marketing menyiapkan alat dan strategi yang akan membuat calon customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan. Sedangkan tim sales yang bertugas melayani para calon customer secara langsung agar produk mereka bisa laku terjual. Tim marketing perlu membayangkan kembali bagaimana produk yang sudah pernah sukses terjual di pasaran sebelumnya, mengenai cara promosi, dan kelebihan dari produk sebelumnya untuk bisa merancang strategi yang baru pada saat akan memasarkan produknya.

Ruang lingkup pekerjaan
Lingkungan kerja dan durasinya juga bisa menggambarkan perbedaan antara sales dan marketing. Pekerjaan tim sales cenderung bersifat jangka pendek sementara tim marketing bersifat jangak panjang karena harus menjaga hubungan dan membina relasi dengan para partner bisnis serta para vendor. Ruang lingkup kerja marketing adalah Market ResearchPublic Relations, dan Customer Satisfaction. Sementara itu, ruang lingkup kerja tim sales adalah meyakinkan calon customer agar mau membeli produk yang ditawarkan. Dari sini sudah muncul perbedaan yang signifikan antara sales dengan marketing.

Perbedaan prioritas dan fungsi
Perbedaan antara sales dan marketing yang selanjutnya bisa dilihat dari prioritas dan fungsi kerja kedua tersebut. Dalam prioritas kerja, perbedaan antara sales dan marketing terletak pada target kegiatan. Prioritas tim marketing adalah menjangkau customer, dan membangun hubungan yang baik dengan para customer sampai bisa menjadi pelanggan yang loyal. Anda bisa bayangkan bagaimana keuntungan yang didapat jika beberapa perusahaan besar menjadi pelanggan loyal dari produk perusahaan yang Anda punya. Semakin banyak pelanggan yang loyal, semakin besar juga benefit yang didapat. Tapi, pelanggan yang loyal ini akan ada kalau pelayanan dan respon dari tim sales juga mendukung kualitas produk dan customer yang sudah dijangkau. Fungsi dari tim sales adalah mengakomodasi dan target customer sambil membantu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan. Perbedaan antara sales dan marketing dari segi fungsi dan prioritas ini justru yang membuat keduanya saling bersinergi.

Aktivitas kerja dan target
Target juga menjadi salah satu faktor perbedaan antara sales dan marketing yang perlu Anda ketahui sebelum memilih terjun ke salah satu divisi ini. Contoh yang menggambarkan perbedaan pekerjaan antara sales dan marketing saat melakukan aktivitasnya. Misalnya dalam sebuah perusahaan startup, tim sales yang akan menghubungi langsung calon konsumen sampai menemukan kesepakatan, sedangkan tim marketing sebelumnya memastikan terlebih dulu produk atau jasa yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya sehingga bisa dikenalkan oleh tim sales kepada calon pelanggan.
Perbedaan antara sales dan marketing ini ada pada tipe pekerjaannya yang berbeda, dengan aktivitas marketing yang sebagian besar ada di belakang layar maka Anda yang suka menganalisis punya kesempatan di bidang ini. Bagi Anda yang senang berurusan langsung dengan calon customer dan tidak ragu untuk beramah tamah setiap saat dengan calon customer, maka tim sales adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Itulah perbedaan antara sales dengan marketing yang sering kali kita salah mengartikannya, semoga dengan adanya artikel ini dapat meluruskan miskonsepsi antara sales dengan marketing. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang sales atau mungkin Anda membutuhkan aplikasi yang bisa mentrack lokasi serta kinerja dari sales Anda, mungkin Anda bisa menggunakan Aplikasi Tracking Sales.

1 komentar:

  1. Sudah jelaskan, bedanya apa. Kedua jon ini memiliki peran dan fungsinya masing masing untuk bisnis, kebanyakan perusahaan yang memperkerjakan mereka sudah menerapkan sistem online untuk memudahkan dalam menawarkan produk atau jasa lewat WhatsApp Blasting

    BalasHapus

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...