Selasa, 24 Maret 2020

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales


Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang bayaranya cukup besar. Penghasilan seorang sales tidaklah terbatas seperti layaknya kebanyakan profesi lain. Karena bagi seorang sales, semakin banyak produk atau jasa yang berhasil mereka jual, maka akan semakin besar pula penghasilan yang akan mereka dapatkan.

Sales Tracking
Sales Tracking

Seperti kebanyakan profesi lainnya, setiap profesi pasti memiliki tantangan atau kendalanya masing-masing. Berikut ini merupakan kebanyakan masalah dan juga tantangan yang sering dihadapi oleh para sales sehingga pada akhirnya mempengaruhi performa penjualan mereka.

Kurang Percaya Diri
Masalah ini sering sekali terjadi, akibatnya banyak sekali sales yang tidak bisa mengeluarkan seluruh performa terbaiknya dalam melakukan penjualan. Maksud dari tidak percaya diri ini adalah, Sales tersebut tidak percaya diri dengan profesinya yang sebagai seorang sales, atau sales yang tidak percaya diri dengan produk atau jasa yang dijualnya. 
Jika seorang sales bahkan tidak percaya diri atau tidak percaya pada produk yang dijualnya maka akan sangat mempengaruhi performanya dalam menjual produk atau jasa kepada konsumen.

Sulitnya Untuk Membuat Janji Temu
Banyak sales yang sudah memiliki rasa percaya diri yang tinggi, namun kendalanya yang berikutnya adalah sulitnya untuk bertemu dengan klien atau prospek. 
Dalam hal ini banyak sekali sales yang tidak memiliki kemampuan tentang bagaimana cara membuat janji temu yang efektif dengan prospeknya. Sehingga mereka akan sangat kesulitan untuk bertemu dengan calon prospeknya dan menawarkan produk atau jasanya. Maka sangat penting bagi seorang sales untuk memiliki keahlian bagaimana cara membuat janji bertemu yang efektif agar mereka dapat menawarkan produk atau jasanya.

Takut Dengan Penolakan
Hal ini juga sangat sering dialami oleh para sales apalagi seseorang yang baru terjun ke dunia sales, selain kurangnya rasa percaya diri, yang menjadi hambatan terbesar bagi seorang sales adalah adanya perasaan takut ditolak oleh calon konsumennya.
Padahal mereka bahkan belum mencoba untuk menawarkan produk atau jasanya kepada calon konsumen atau prospeknya, namun mereka sudah berfikir akan ditolak dan tidak diterima oleh calon konsumennya. Dan tentunya hal ini akan sangat menghambat performa penjualan bagi seorang sales.

Penampilan Yang Kurang Meyakinkan
Dalam menjadi seorang sales, penampilan itu sangat penting. Apalagi jika produk atau jasah yang ditawarkan berharga jutaan bahkan puluhan juta. Karena itu akan meyakinkan calon konsumen kalau Anda adalah seorang sales yang profesional.
Bayangkan jika seorang sales datang dengan pakaian yang tidak rapih dan menawarkan barang yang nilainya jutaan. Kemungkinan besar Anda tidak akan membeli barang tersebut. Mengapa demikian? Karena anda tidak yakin dan percaya dengan penampilan orang tersebut. Oleh karena alasan itu, penampilan seorang sales sangat penting, minimal harus berpakaian yang rapih agar calon konsumen percaya kalau Anda adalah seorang sales.

Sulit Membangun Hubungan Yang Baik
Banyak sekali sales ketika mereka menawarkan produk / jasanya kepada calon pembeli, mereka malah langsung menawarkannya tanpa adanya permisi atau basa-basi terlebih dahulu. Hal itu tentu saja akan membuat calon pembelinya merasa tidak nyaman dan langsung menolak tawarannya. Karena dalam penjualan yang menjadi faktor penentu seseorang mau membeli produk / jasa yang ditawarkan adalah karena adanya kenyamanan. 
Oleh karena hal itu sangat penting bagi seorang sales untuk mampu membuat suatu hubungan yang baik dengan para calon pembelinya sehingga menciptakan rasa nyaman dan kepercayaan dari calon para pembelinya.

Gaya Serta Bahasa Komunikasi Yang Kurang Meyakinkan
Banyak sekali sales yang tidak berhasil meyakinkan pembelinya dikarenakan kurangnya kemampuan dalam mengkomunikasikan baik itu manfaat produk atau jasa yang ditawarkannya kepada calon konsumen. Sehingga hal itu menyebabkan calon konsumen menjadi tidak tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh sales.
Oleh karena itu sangat penting bagi para sales untuk memiliki komunikasi yang baik. Bukan hanya tentang menjelaskan manfaat dari produk / jasanya kepada calon konsumen, tetapi juga mampu meyakinkan para calon konsumen untuk membeli produk / jasa yang ditawarkan.

Beberapa hal tersebut adalah kendala yang sering kali dialami oleh para tim sales ketika melakukan penjualan. Hal tersebut tentunya akan menurunkan tingkat performa dari tim sales yang akan mengakibatkan menurunya tingkat penjualan perusahaan. Hal tersebut tentunya harus segera dicari solusi dan jalan keluarnya.

Solusi terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah, dengan menggunakan Aplikasi Sales Tracking yang bisa Anda gunakan untuk memantau kinerja serta keberadaan sales Anda dengan mudah dan tanpa ribet. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa meningkatkan performa kerja dari tim sales Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...