Kamis, 20 Februari 2020

Penjualan Bagi Perusahaan


Tracking sales - Seorang Sales memegang peranan yang sangat penting bagi suatu perusahaan agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Menurut Rangkuti Freddy Sales adalah pemindahan hak milik dari suatu barang atau jasa yang dilakukan penjual kepada pembeli dengan harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Keberhasilan suatu penjualan dapat dilihat dari volume penjualan yang didapat oleh perusahaan.

Sales
Sales

Dengan kata lain, perusahaan mendapatkan keuntungan atau tidaknya sangat bergantung pada keberhasilan dari seorang sales dalam menjual suatu produk atau jasa. Kualitas dari produksi dan strategi penjualan yang baik adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan agar dapat mendorong tingkat penjualan.

Dengan tingkat penjualan yang tinggi, perusahaan dapat meraih keuntungan yang besar. Dimana keuntungan dan kepuasan terhadap pelanggan merupakan tolak ukur dari keberhasilan suatu perusahaan. Penjualan adalah sebuah hal yang sangat penting bagi perusahaan, sebab nilai keuntungan atau kerugian yang diperoleh dari aktivitas penjualan menjadi sumber yang membentuk nilai keseluruhan perusahaan.

Perusahaan harus membayar gaji karyawannya dan sumber dananya itu dari keuntungan yang di dapat dari hasil penjualan. Perusahaan juga akan mendapat tambahan modal untuk melakukan berbagai macam kegiatan perusahaan, selain itu perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk beroperasi dan mengembangkan lagi usahanya. Perusahaan juga harus memastikan produk yang mereka jual mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan para calon pelanggannya. Dengan demikian keuntungan akan diterima baik oleh pelanggan maupun perusahaan. 

Untuk meningkatkan suatu penjualan, perusahaan harus lebih mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu tingkat penjualan, diantaranya:

  • Mengetahui keinginan dari calon pelanggan dan menentukan kebutuhan calon pelanggan. Penelitian ataupun observasi sangat diperlukan karena bertujuan untuk mengenali kebutuhan dari calon pelanggan. Contohnya di suatu daerah terdapat masyarakat yang rata-rata memiliki penghasilan tinggi. Perusahaan harus mengetahui barang apa yang mungkin dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat tersebut, dan kapan kebutuhan tersebut dibutuhkan serta berapa banyak jumlah barang yang dibutuhkan.

  • Menetapkan pangsa pasar. Dengan mengetahui pangsa pasar, perusahaan dapat dengan mudah menentukan dimana saja produk yang dibutuhkan oleh pelanggan akan dipasarkan atau dijual. Perusahaan dapat menentukan pangsa pasar dengan cara pengelompokkan terhadap pelanggan baik dari kelas sosial, perilaku, jenis kelamin dan sebagainya. Dengan mengetahui pangsa pasar bisa sangat membantu memberikan informasi bagi pihak manajemen jika ingin mengembangkan lagi usahanya.

  • Modal. Untuk meningkatkan suatu penjualan perusahaan juga harus menyediakan modal yang cukup untuk melakukan proses produksi. Dimana modal bisa didapat jika perusahaan mendapat keuntungan ataupun mendapat tambahan modalnya dari investor. Perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk melakukan kegiatan operasinya dan mengembangkan lagi usahanya. Sehingga penjualan dapat meningkat dan juga akan mendapatkan keuntungan yang optimal.

  • Strategi penjualan. Strategi penjualan sangat diperlukan dengan tujuan untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor lain. Perusahaan harus bersaing untuk menarik perhatian calon pelanggan. Perusahaan harus selalu kreatif dan inovatif agar mampu bersaing dengan kompetitor lain. Perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan penjualan dengan membuat sistem penjualan yang baik dan terkomputerisasi. Sehingga perusahaan dapat terus bersaing dan mencapai tujuannya agar dapat terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya. Strategi pemasaran lainnya adalah pelayanan purna jual, ini merupakan pelayanan pada saat barang telah dibeli oleh pelanggan. Pelayanan purna jual ini dilakukan agar pelanggan bisa mengadukan keluhan ketika barang yang telah dibeli mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan harapan. Pelayanan purna jual dapat memberi saran masukan bagi perusahaan. Strategi untuk digunakan meningkatkan penjualan agar kedepannya dapat membuat produk atau inovasi yang lebih baik lagi.
Semua faktor tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut perusahaan dapat mendapatkan timbal balik berupa tingkat penjualan yang tinggi dan akan mendapatan keuntungan yang optimal. Sehingga perusahaan dapat terus menjalankan usahanya.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan dapat meningkatkan tingkat penjualan suatu produk dan mendapatkan keuntungan yang optimal. Dengan demikian penjualan sangat penting bagi suatu perusahaan karena merupakan kunci dari keberlangsungan hidup suatu perusahaan dan merupakan tolak ukur kesuksesan suatu perusahaan.

Sekian artikel mengenai “Penjualan Bagi Perusahaan”, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat untuk menjadi seorang sales yang kekinian di era digital ini, Anda mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Aplikasi Tracking Sales.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...