Tracking sales - Seorang Sales memegang peranan yang sangat
penting bagi suatu perusahaan agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan
tersebut dapat terjual dan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Menurut
Rangkuti Freddy Sales adalah pemindahan hak milik dari suatu barang atau
jasa yang dilakukan penjual kepada pembeli dengan harga yang sudah disepakati
oleh kedua belah pihak. Keberhasilan suatu penjualan dapat dilihat dari volume penjualan
yang didapat oleh perusahaan.
Dengan kata lain, perusahaan mendapatkan keuntungan atau
tidaknya sangat bergantung pada keberhasilan dari seorang sales dalam
menjual suatu produk atau jasa. Kualitas dari produksi dan strategi penjualan
yang baik adalah kunci utama yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan agar
dapat mendorong tingkat penjualan.
Dengan tingkat penjualan yang tinggi, perusahaan dapat
meraih keuntungan yang besar. Dimana keuntungan dan kepuasan terhadap pelanggan
merupakan tolak ukur dari keberhasilan suatu perusahaan. Penjualan adalah
sebuah hal yang sangat penting bagi perusahaan, sebab nilai keuntungan atau
kerugian yang diperoleh dari aktivitas penjualan menjadi sumber yang membentuk
nilai keseluruhan perusahaan.
Perusahaan harus membayar gaji karyawannya dan sumber
dananya itu dari keuntungan yang di dapat dari hasil penjualan. Perusahaan juga
akan mendapat tambahan modal untuk melakukan berbagai macam kegiatan
perusahaan, selain itu perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk beroperasi
dan mengembangkan lagi usahanya. Perusahaan juga harus memastikan produk yang mereka
jual mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan para calon pelanggannya. Dengan
demikian keuntungan akan diterima baik oleh pelanggan maupun perusahaan.
Untuk meningkatkan suatu penjualan, perusahaan harus lebih mengetahui
faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu
tingkat penjualan, diantaranya:
- Mengetahui keinginan dari calon pelanggan dan menentukan kebutuhan calon pelanggan. Penelitian ataupun observasi sangat diperlukan karena bertujuan untuk mengenali kebutuhan dari calon pelanggan. Contohnya di suatu daerah terdapat masyarakat yang rata-rata memiliki penghasilan tinggi. Perusahaan harus mengetahui barang apa yang mungkin dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat tersebut, dan kapan kebutuhan tersebut dibutuhkan serta berapa banyak jumlah barang yang dibutuhkan.
- Menetapkan
pangsa pasar. Dengan mengetahui pangsa pasar, perusahaan dapat dengan
mudah menentukan dimana saja produk yang dibutuhkan oleh pelanggan akan
dipasarkan atau dijual. Perusahaan dapat menentukan pangsa pasar dengan cara
pengelompokkan terhadap pelanggan baik dari kelas sosial, perilaku, jenis
kelamin dan sebagainya. Dengan mengetahui pangsa pasar bisa sangat membantu
memberikan informasi bagi pihak manajemen jika ingin mengembangkan lagi usahanya.
- Modal.
Untuk meningkatkan suatu penjualan perusahaan juga harus menyediakan modal
yang cukup untuk melakukan proses produksi. Dimana modal bisa didapat jika
perusahaan mendapat keuntungan ataupun mendapat tambahan modalnya dari
investor. Perusahaan akan mendapat tambahan modal untuk melakukan
kegiatan operasinya dan mengembangkan lagi usahanya. Sehingga penjualan
dapat meningkat dan juga akan mendapatkan keuntungan yang optimal.
- Strategi
penjualan. Strategi penjualan sangat diperlukan dengan tujuan untuk
menghadapi persaingan dengan kompetitor lain. Perusahaan harus
bersaing untuk menarik perhatian calon pelanggan. Perusahaan harus
selalu kreatif dan inovatif agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.
Perusahaan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam melakukan
penjualan dengan membuat sistem penjualan yang baik dan terkomputerisasi.
Sehingga perusahaan dapat terus bersaing dan mencapai tujuannya agar dapat
terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya. Strategi pemasaran
lainnya adalah pelayanan purna jual, ini merupakan pelayanan pada saat
barang telah dibeli oleh pelanggan. Pelayanan purna jual ini dilakukan
agar pelanggan bisa mengadukan keluhan ketika barang yang telah dibeli
mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan harapan. Pelayanan purna jual
dapat memberi saran masukan bagi perusahaan. Strategi untuk digunakan
meningkatkan penjualan agar kedepannya dapat membuat produk atau inovasi
yang lebih baik lagi.
Semua faktor tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Tetapi dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut perusahaan dapat mendapatkan
timbal balik berupa tingkat penjualan yang tinggi dan akan mendapatan keuntungan
yang optimal. Sehingga perusahaan dapat terus menjalankan usahanya.
Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, perusahaan
dapat meningkatkan tingkat penjualan suatu produk dan mendapatkan keuntungan
yang optimal. Dengan demikian penjualan sangat penting bagi suatu perusahaan
karena merupakan kunci dari keberlangsungan hidup suatu perusahaan dan
merupakan tolak ukur kesuksesan suatu perusahaan.
Sekian artikel mengenai “Penjualan Bagi Perusahaan”, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat untuk menjadi seorang sales yang kekinian di era digital ini, Anda mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Aplikasi Tracking Sales.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar