Selasa, 18 Februari 2020

Apa itu Sales


Tracking sales - Sales adalah salah satu bagian perusahaan yang kegiatannya menjual. Selain itu seorang sales juga berkewajiban untuk menawarkan aset atau produk kepada pelanggan sehingga aset atau produk itu dapat terjual sesuai harga yang sudah direncanakan oleh perusahaan namun bisa diterima oleh pelanggan juga.
Intinya Sales ini merupakan individu yang menawarkan suatu produk atau jasa dalam suatu proses penjualan untuk mencapai target penjualan tertentu.
Sales biasanya akan bertatap muka atau bertemu langsung dengan pelanggan. Hal ini karena seorang sales bisa saja langsung datang ke lokasi calon pelanggan, menghubungi lewat telepon, dan bisa juga bertemu langsung di sebuah acara atau event.

Sales
Sales

Fungsi Sales dalam sebuah Perusahaan

Ada beberapa fungsi dari sales dalam perusahaan, yaitu:

Menawarkan Produk Langsung ke Konsumen
Seorang sales harus bisa meyakinkan manfaat dan kelebihan dari produk yang ditawarkan kepada pelanggannya agar mereka yakin untuk membeli produk yang dijual oleh perusahaan anda.

Meyakinkan Calon Pelanggan
Seorang Sales juga harus bisa meyakinkan calon pelanggannya agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan dalam memilih produk yang ditawarkan.

Mentargetkan Sasaran
Seorang sales juga harus mampu untuk mentargetkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Fungsi dari seorang sales ini juga untuk membantu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk yang ditawarkan.

Langkah-langkah Agar Menjadi Sales Yang Sukses

Langkah-langkah yang perlu anda perhatikan sebagai seorang sales dalam melakukan proses penjualan agar bisa menjual produk anda, yaitu:

Approach (Pendekatan kepada Calon Pelanggan)
Melakukan pendekatan kepada calon pelanggan memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik. Anda minimal harus wajib mengetahui hal-hal ini:

  • Siapakah calon pembeli?
  • Apakah kebutuhan atau keinginan calon konsumen?

Selling (Menjual Produk)
Selain wajib menawarkan dan menjual produk, proses menjual dari seorang sales juga harus bisa membuat yakin calon pembeli atas manfaat dan kelebihan dari produk yang ditawarkan. Dengan berbekal pengetahuan mengenai produk yang dijual dan pengembangan komunikasi yang efektif, diharapkan penjual juga bisa menarik perhatian para calon pembeli dan bahkan mempertahankan para pembeli yang setia.

Presentation (Penyajian)
Dalam melakukan presentasi mengenai suatu produk, seorang sales harus bisa menyampaikan manfaat dan tujuan dari pengunaan produk yang ditawarkan sehingga bisa memuaskan kebutuhan para calon konsumen. Oleh karena itu, komunikasi merupakan sarana paling penting untuk bisa mengetahui kebutuhan para calon pelanggan, seperti:
  • Tata bahasa yang baik dan sopan
  • Jelas dan tidak berbelit-belit
  • Memberikan ide, manfaat serta kelebihan dari produk yang dijual.
Satu hal lain yang tidak kalah pentingnya dari presentasi dan komunikasi adalah kesan pertama karena aktivitas penjualan yang positif akan membantu kelancaran dalam proses penjualan sehingga target penjualan bisa cepat tercapai dalam proses closing.

Closing the Sale
Sebuah transaksi penjualan bisa terjadi karena sudah memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, langkah ini merupakan tahap keberhasilan dari seorang sales dalam mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan atau membeli produk yang anda tawarkan kepada mereka. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan ini bisa berupa pembayaran dan pemberian tanda terima pembayaran.

After Sales Service (Pelayanan Purna Jual)
Jangan lupa untuk melakukan beberapa hal ketika suatu penjualan berhasil ditutup dengan melakukan Pelayanan Purna Jual atau After Sales Service. Kegiatan tersebut antara lain:
  • Ucapan terima kasih atas pembelian suatu produk atau jasa.
  • Memberikan suatu kenang-kenangan.
  • Mengirim kartu ucapan pada hari-hari besar atau pada hari ulang tahun.

Sekian artikel mengenai “Apa itu sales”, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika Anda berminat untuk menjadi seorang sales yang kekinian di era digital ini, Anda mungkin bisa mencoba untuk menggunakan Aplikasi tracking sales.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masalah Yang Sering Dihadapi Oleh Sales

Tracking Sales - Profesi sales merupakan salah satu posisi penting yang ada di dalam perusahaan. Bahkan menjadi salah satu profesi yang b...